Nyeri tumit saat Bangun Tidur, Anda Juga?

Posted on Senin, 13 Mei 2013 by Unknown

Akhirnya balik posting lagi, setelah sekian lama gak update informasi terbaru. Sebenarnya posting kali ini juga saya tujukan untuk memenuhi tugas mata kuliah "Teknik Penulisan Karya Ilmiah" . Tugas ini merupakan tugas pertama saya selama duduk di semester 6 ini. Dan untuk tugas kali ini, saya mengambil ide yang mungkin pernah saya alami.

Judul ini saya ambil berdasarkan kejadian yang saya alami, sesuai judulnya yaitu Nyeri tumit saat bangun tidur. Belakangan ini, setiap bangun tidur di pagi hari, saya  sering merasakan nyeri di tumit ketika hendak berdiri dari tempat tidur. Nyeri ini sangat menyakitkan. Bahkan terkadang membuat saya harus berjalan sedikit terpingkal. Namun setelah berberapa langkah berjalan, nyeri tersebut pun kembali mereda.

Hal ini membuat saya merasa khawatir pada keadaan ini, malah ketika malam sebelum tidur, saya mengolesi tumit dengan balsem guna mengurangi nyeri saat bangun di pagi hari. Eeh setelah pagi tiba, tumit saya malah lebih nyeri dari biasanya. Dan setelah beberapa waktu browsing mengenai hal tersebut, saya  menemukan kesimpulan bahwa yang saya rasakan beberapa hari ini adalah penyakit Plantar Fasciitis (Nyeri Tumit).


Beberapa informasi yang saya dapatkan dari Blog Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOK tentang penyakit ini akan saya simpulkan dalam posting kali ini.

Nyeri tumit disebabkan oleh peradangan dari plantar fascia – suatu jaringan disepanjang bagian bawah kaki yang menghubungkan tulang tumit dengan ibu jari kaki kita. Keadaan ini disebut plantar fasciitis.

Plantar fasciitis menyebabkan nyeri seperti ditusuk atau rasa terbakar yang biasanya bertambah buruk pada pagi hari karena fascia mengencang (berkontraksi) sepanjang malam. Namun akan hilang seiring beberapa gerakan kaki. Bahkan terkadang akan sembuh dengan sendirinya.
Beberapa gejala yang dirasakan oleh penyakit ini antara lain :
  1. Nyeri di kaki saat bangun tidur
  2. Nyeri di tumit ketika sehabis berolahraga ataupun berjalan jauh
  3. Biasanya nyeri tersebut hanya terjadi di sebelah kaki saja
  4. Nyeri di tumit saat berdiri terlalu lama 
Lalu apa saja yang menjadi penyebab penyakit nyeri ini?, berikut saya lampirkan
  1. Aktifitas yang berlebih yang menyebabkan tumit mengalami stress
  2. Penggunaan sepatu yang datar/flat shoes
  3. Obesitas/ Berat badan berlebihan
  4. Adanya penyakit arthrithis pada pengidap
  5. Adanya pembawaan penyakit diabetes
Membiarkan penyakit ini lebih lama tanpa perhatian khusus akan menyebabkan  penyakit menahun yang memperparah keadaan sehingga untuk mengurangi penyakit ini perlu di lakukan beberapa cara yaitu :
  1. Gunakan sepatu yang cocok untuk anda. Usahakan kurangi penggunaan  flat shoes
  2. Kurangi jumlah aktifitas anda.
  3. Hindari langsung berdiri dari bangun tidur. Usahakan Mengurut kaki sebelum berdiri dari tempat tidur
  4. Menjaga berat badan ideal
  5. Olahraga secara perlahan
Baiklah, saya rasa ini sudah cukup buat informasi / referensi kepada pembaca sekalian khususnya yang merasakan keadaan yang sama dengan yang saya rasakan. 



2 Responses to "Nyeri tumit saat Bangun Tidur, Anda Juga?":

Unknown says:

Terima kasih info yg sgt berguna...
Sy mengalaminya semenjak akhir2 ini..
Mencari jawapan kenapa ia berlaku..
Mmg betul sy obes...
Sy jgk alami diabetis...
Mencari cara kurangkan sakit sementara merawat obesiti...jgk diabetis

Unknown says:

Terima kasih info yg sgt berguna...
Sy mengalaminya semenjak akhir2 ini..
Mencari jawapan kenapa ia berlaku..
Mmg betul sy obes...
Sy jgk alami diabetis...
Mencari cara kurangkan sakit sementara merawat obesiti...jgk diabetis

Copyright Annisa Fadhillah Pulungan. Diberdayakan oleh Blogger.