Hasil Survey "Peran Psikologi dalam dunia IT"

Posted on Kamis, 28 Maret 2013 by Unknown

Survey ini merupakan salah satu survey untuk memenuhi tugas matakuliah Psikologi di Teknologi Informasi Univeristas Sumatera Utara. Untuk itu kali ini saya akan memposting hasil survey saya

Kali ini saya hanya akan mempost hasil survey saya saja. Namun bagi yang ingi melihat survey saya dapat dibuka  disini


  1. Dalam pekerjaan di IT, Ilmu Psikologi apa yang paling diperlukan ketika menghadapi customer?
    •  Teori Belajar
    •  Sensasi dan Persepsi
    •  Afektif, Behaviour dan Kognitif.
     
    Hasil survey yang saya dapatkan adalah bahwa Ilmu “Afektif, Kognitif dan Behaviour” sangat diperlukan dalam menghadapi customer. 

  2. Jelaskan alasan anda memilih jawaban Nomor 1

    Hasil Survey yang saya dapatkan bahwa Ilmu “Afektif, Kognitif dan Behaviour” sangat diperlukan dalam menghadapi customer karena perlunya pendekatan kognitif dalam menghadapi customer, begitu juga dari sisi afektif dan tingkah laku (behaviour) dimana dari 3 pendekatan inilah kita bisa menghadapi customer sesuai dengan pikiran customer terhadap apa yang kita jelaskan.
  3. Bagaimana ketika menghadapi customer yang cerewet

    Hasil survey yang saya dapatkan adalah Bersabar dan menerima masukannya, karena customer yang cerewet terkadang dibutuhkan sebagai bahan validasi.
  4. Ketika anda didesak konsumen untuk menyelesaikan sistem dengan waktu yang singkat, sementara waktu tersebut tidak cukup untuk mengerjakan sistem tersebut, apa yang anda lakukan?
    •  Meminta tambahan waktu dengan harga tetap
    •  Menaikkan Harga dan menyiapkan tepat waktu
    •  MenolakPengerjaan Sistem tersebut
    Hasil survey yang saya dapatkan adalah bahwa ketika customer meendesak untuk pembuatan sistem sementara waktu yang diperlukan untuk mengerjakan sistem tersebut cukup lama maka sebagian orang memilih untuk Menaikkan Harga dan menyiapkan tepat Waktu. Hasil tersebut terlihat dengan presentasi sebesar 54 %.

  5. Bagaimana sikap anda secara psikologi ketika anda menghadapi customer yang tidak mengerti dunia IT?
    •  Menjelaskan dengan bahasa yang dimengerti
    •  Bertanya kepada Customer hal yang belum dimengerti kemudian    menjelaskan
    •  Menolak pekerjaan tersebut
    •  Membodohi customer dan memasang harga mahal
     
    Hasil survey yang saya dapatkan adalah bahwa ketika seseorang customer tidak mengerti dunia IT maka hal terbaik yang perlu dilakukan adalah Menjelaskan dengan bahasa yang dimengerti sehingga tidak ada salah satu pihak yang dirugikan. Hal ini terlihat dari hasil survey yang menyatakan bahwa 68 % memilih menjelaskan dengan bahasa yang dimengerti.
  6. Secara umum jelaskan arti penting psikologi dalam dunia IT menurut bahasa anda?
     Hasil survey yang saya dapatkan adalah bahwa pendekatan psikologi sangat penting dalam dunia IT, karena sebagaimana kita ketahui bahwa sekarang perkembangan teknologi sangan pesat terutama social media, yang bahkan anak kecil sekalipun bisa lebih tahu dari pada orang tuanya. Peran Kita sebagai anak IT adalah menjelaskan dan mengarahkan mereka yang belum mengenal IT secara mendalam karena jika dibiarkan seseorang memanfaatkannya dengan tidak baik maka psikologi seseorang bisa rusak tanpa pengarahan yang jelas dalam pemanfaatan IT untuk kebutuhan hidup.

0 Responses to "Hasil Survey "Peran Psikologi dalam dunia IT"":

Copyright Annisa Fadhillah Pulungan. Diberdayakan oleh Blogger.